Minggu, 08 Januari 2012

tugas softskil pengantar bisnis bab 11 akuntansi dan laporan keuangan

Akuntansidan Laporan
Ø  DEFINISI AKUNTANSI
Definisiakuntansidapatdilihatdari 2 (dua) sudutpandangyaitu:
1. FungsidanKegunaan
Akuntansimerupakanaktivitasjasa yang berfungsimemberikaninformasikuantitatifmengenaikesatuan-kesatuanekonomiterutama yang bersifatkeuangan yang bermanfaatdalampengambilankeputusan.
2. Proses Kegiatan
Akuntansiadalahsenimencatat, mengklasifikasidanmengikhtisarkantransaksi-ttransaksikejadian yang sekurang-kurangnyaatausebagaianbersifatkeuangandengancaramenginterpretasikanhasil-hasilnya.
Akuntansidan Tata Buku
Akuntansilebihluasdari Tata Bukusebab Tata Bukuhanyalahpencatatansecarasistimatistransaksi/kejadian yang dinyatakandengannilaiuang.
Ø Fungsiakuntansi
Akuntansimerupakanaktivitasjasa yang berfungsimemberikaninformasikuantitatifmengenaikesatuan-kesatuanekonomiterutama yang bersifatkeuangan yang bermanfaatdalampengambilankeputusan.

Ø Pihak-pihak yang membutuhkanlaporanakuntansi :
  1. Internal :pihakdalamperusahaan, contohnyakaryawan, direktur, manajer, komisaris.
  2. Eksternal : investor, dirjenpajak, masyarakat.

Ø Prinsipakuntansi yang berlakuumum
Di bidangakuntansidankeuanganterutama audit di Indonesia, dikenalistilah “prinsipakuntansi yang berlakuumum di Indonesia” (merupakanpadanandarifrasa “generally accepted accounting principles”) adalahsuatuistilahteknisakuntansi yang mencakupkonvensiaturan, danprosedur yang diperlukanuntukmembatasipraktikakuntansi yang berlakuumum di wilayahtertentupadasaattertentu. Prinsipakuntansi yang berlakuumum di suatuwilayahtertentumungkinberbedadariprinsipakuntansi yang berlaku di wilayah lain. Olehkarenaitu, untuklaporankeuangan yang akandidistribusikankepadaumum di Indonesia, harusdisusunsesuaidenganprinsipakuntansi yang berlakuumum di Indonesia. Sesuaistandarpelaporanpertamadaristandar auditing, auditor dalamlaporannyaakanmengungkapkandalamapakahlaporankeuangan yang diaudittelahdisajikansesuaidenganprinsipakuntansi yang berlakuumum di Indonesia.

Ø Laporankeuangan
Laporankeuanganadalahcatataninformasikeuangansuatuperusahaanpadasuatuperiodeakuntansi yang dapatdigunakanuntukmenggambarkankinerjaperusahaantersebut.Laporankeuanganadalahbagiandari proses pelaporankeuangan. Laporankeuangan yang lengkapbiasanyameliputi :
Unsur yang berkaitansecaralangsungdenganpengukuranposisikeuanganadalahaktiva, kewajiban,danekuitas. Sedangkanunsur yang berkaitandenganpengukurankinerejadalamlaporanlabarugiadalahpenghasilandanbeban.Laporanposisikeuanganbiasanyamencerminkanberbagaiunsurlaporanlabarugidanperubahandalamberbagaiunsurneraca.
Ø Neraca
Di dalamakuntansikeuangan, Neracaataulaporanposisikeuangan (bahasaInggris: balance sheetataustatement of financial position) adalahbagiandarilaporankeuangansuatuentitas yang dihasilkanpadasuatuperiodeakuntansi yang menunjukkanposisikeuanganentitastersebutpadaakhirperiodetersebut. Neracaterdiridaritigaunsur, yaituaset, kewajiban, danekuitas yang dihubungkandenganpersamaanberikut:
  • aset = kewajiban + ekuitas
Informasi yang dapatdisajikan di neracaantaralainposisisumberkekayaanentitasdansumberpembiayaanuntukmemperolehkekayaanentitastersebutdalamsuatuperiodeakuntansi (triwulan, caturwulan, atautahunan).
Ø Laporanlabarugi
Laporanlabarugi (Inggris:Income Statement atau Profit and Loss Statement) adalahbagiandarilaporankeuangansuatuperusahaan yang dihasilkanpadasuatuperiodeakuntansi yang menjabarkanunsur-unsurpendapatandanbebanperusahaansehinggamenghasilkansuatulaba (ataurugi) bersih.
Unsur-unsurlaporanlaporanlabarugibiasanyaterdiridari:
  • Pendapatandaripenjualan
    • DikurangiBebanpokokpenjualan
  • Laba/rugikotor
    • DikurangiBebanusaha
  • Laba/rugiusaha
    • DitambahataudikurangiPenghaslan/beban lain
  • Laba/rugisebelumpajak
    • DikurangiBebanpajak
  • Laba/rugibersih
Ø  Contohlaporanlaba / rugi

LAPORAN LABA RUGI -
per 31 Desember 2008

PendapatandaripenjualanRp.                99.980.000
HargaPokokPenjualanRp.                25.000.000
                                                            ---------- (-)
LabaKotor                                                74.990.000

BiayaOperasional:
- BiayaPemasaranRp.  5.000.000
- BiayaAdministrasi&UmumRp.  1.250.000
                                              --------- (+)
                                                             6.250.000
                                                            ---------- (-)
Laba Usaha                             Rp.                68.740.000
Pendapatan Lain-lain                   Rp.                   125.000
                                                            ---------- (+)
LabasebelumBungadanPajakRp.                68.865.000
BungaRp.                   199.000
                                                            ---------- (+)
LabasebelumPajakRp.                69.064.000
PajakRp.                 1.275.000
                                                            ---------- (-)
LabaBersihRp.                67.789.000
                                                            ==========
Ø  TujuanLaporanKeuangan
Menurutstandarakuntansinegara yang dikeluarkanolehikatanikatanakuntansiindonesiatujuanlaporankeuanganadalahMeyediakaninformasi yang menyangkutposisikeuangan, kinerja, sertaperubahanposisikeuangansuatuperusahaan yang bermanfaatbagisejumlahbesarpemakaidalampengambilankeputusan.
Laporankeuangan yang disusununtuktujuaninimemenuhikebutuhanbersamasebagianbesarpemakai.Namundemikian, laporankeuangantidakmenyediakansemuainformasi yang mungkindibutuhkanpemakaidalammengambilkeputusanekonomikarenasecaraumummenggambarkanpengaruhkeuangandankejadianmasalalu, dantidakdiwajibkanuntukmenyediakaninformasinonkeuangan.
Laporankeuanganjugamenunjukanapa yang telahdilakukanmanajemen (inggris: stewardship), ataupertanggungjawabanmanajemenatassumberdaya yang dipercayakankepadanya. Pemakai yang inginmelihatapa yang telahdilakukanataupertanggungjawabanmanajemenberbuatdemikian agar merekadapatmembuatkeputusanekonomi. Keputusaninimencakup, misalnya, keputusanuntukmenahanataumenjualinvestasimerekadalamperusahaanataukeputusanuntukmengangkatkembaliataumenggantimanajemen.
Sumber : p4hrul.wordpress.com/2010/12/15/akuntansi-dan-laporan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar